Cara Instal Linux Ubuntu Mudah Langkah Demi Langkah

Laptoparea.comCara instal linux ubuntu merupakan informasi penting yang harus diketahui oleh pengguna komputer yang ingin melakukan instalasi sistem operasi Linux Ubuntu. Sistem operasi merupakan salah satu sistem operasi Linux yang terbilang mudah diinstall dan juga mudah untuk digunakan; terutama bagi pengguna komputer yang sebelumnya terbiasa menggunakan sistem operasi Windows.

cara instal linux ubuntu

Pengguna sistem operasi Windows yang ingin mulai menggunakan Linux sebaiknya memilih Ubuntu. Linux Ubuntu tersedia dalam 2 versi; yaitu versi desktop dan versi server. Untuk sistem operasi komputer desktop maka digunakan Linux Ubuntu Desktop; sedangkan Linux Ubuntu versi dibuat dan digunakan khusus sebagai sistem operasi sebuah server.

Baca Juga : harga laptop layar sentuh touch screen dan spesifikasinya

Langkah Demi Langkah Proses Dan Cara Instal Linux Ubuntu

Bagian pertama dari cara instal linux ubuntu adalah memiliki ISO untuk sistem operasi Linux Ubuntu tersebut. Jika tidak menggunakan CD Linux Ubuntu; maka ISO dapat diperoleh dengan cara mengunduh langsung dari situs resmi Linux Ubuntu.

Kemudian buat installer Linux Ubuntu dengan menggunakan flashdisk atau menggunakan CD / DVD. Pasang media instalasi Linux Ubuntu dan atur alur booting awal komputer mengarah pada media instalasi yang telah disiapkan.

Lakukan proses booting dan tunggu proses loading hingga memunculkan pilihan Try Ubuntu dan Install Ubuntu. Pilihan Try Ubuntu akan menjalankan sistem operasi Linux Ubuntu tanpa melakukan instalasi sistem operasi tersebut ke dalam hard disk.

Sedangkan pilihan Install Ubuntu akan memulai proses isntalasi Linux Ubuntu ke dalam hard disk. Jika proses instalasi Linux Ubuntu akan dilakukan; maka pilih Install Ubuntu dan pilih bahasa yang akan digunakan dalam proses instalasi pada saat proses akan dimulai.

Pilih Continue pada saat muncul window Preparing to install Ubuntu yang akan menunjukkan informasi terkait kebutuhan ruang hard disk minimal dan juga ketersediaan koneksi dengan internet.

Pada saat muncul window Installation Type; maka pilihan Something Else merupakan pilihan yang paling fleksibel karena proses pengaturan partisi dapat dilakukan dengan cara manual setelah proses instalasi Linux Ubuntu berjalan.

Jika sistem operasi Linux Ubuntu diinstall pada hard disk baru yang belum terdapat partisi di dalamnya; maka dapat dipilih New Partition Table untuk membuat partisi baru di hard disk tersebut dan kemudian pilih Continue. Kemudian akan muncul informasi mengenai kapasitas hard disk yang tersedia.

Pada kapasitas ruang penyimpanan hard disk yang tersedia tersebut kemudian dapat dilakukan partisi atau pembagian. Ada tiga pilihan partisi yang dapat dilakukan yaitu :

  • Partisi Root : partisi ini merupakan partisi utama dan merupakan bagian dari hard disk dimana sistem operasi Linux Ubuntu akan tersimpan dan terpasang.

 

  • Partisi Swap : partisi kedua ini merupakan partisi tambahan. Sistem operasi Linux Ubuntu akan menggunakan partisi ini untuk menyimpan swap file jika sistem operasi Linux Ubuntu yang bekerja membutuhkan tambahan memori.

 

  • Partisi Home : partisi ketiga ini bersifat pilihan atau opsional dan digunakan untuk menyimpan file atau data pribadi; jadi partisi ini dapat saja tidak dibuat selama Partisi Root dan Swap telah dibuat. Partisi Home dapat dibuat dengan memanfaatkan ruang kapasitas memori tersendiri atau dijadikan satu dengan Root.

Untuk partisi root kemudian diisi tipe Primary, location Beginning, Use as Ext4, mount point atau root. Kemudian klin OK. Untuk bagian partisi swap dapat diisi tipe Logical, loocation Beginning, Use as Swap Area dan klik OK.

Kemudian dilanjutkan dengan memilih Install Now dan tentukan kota lokasi pemilik komputer, pilihan bahasa dan pilihan keyboar layout; pilih defaul untuk bagian terakhir ini dan klik Continue. Kemudian akan muncul form untuk mengisi data pribadi dan data komputer serta password.

Setelah selesai dapat dipilih tombol Continue yang akan menyelesaikan proses instalasi dan ditandai dengan komputer melakukan restart. Dengan mengetahui langkah – langkah tersebut seorang pengguna komputer telah mengetahui cara instal linux ubuntu.

Baca Juga : laptop untuk desain grafis berdasarkan pertimbangan spesifikasi

Leave a Reply