Cara Memilih Laptop Yang Bagus Dan Berkualitas

LaptopArea.com – Sedang bingung memilih laptop? Ada banyak pilihan latop yang bisa Anda pilih, namun tanpa adanya pengetahuan seputar laptop akan membuat Anda bingung bagaimana cara memilih laptop yang bagus dan berkualitas. Dengan sedikit perencanaan dan pertimbangan sesuai kebutuhan, Anda dapat memilih laptop dengan mudah, sesuai kebutuhan dan tentunya pas dengan anggaran Anda.

cara memilih laptop

Dibawah ini akan kami ulas secara lengkap apa yang harus Anda ketahui sebelum membeli laptop baru.

Bagian 1 dari 5 : Pahami Kebutuhan Anda Sebelum Memilih Laptop

1. Pikirkan dengan matang alasan Anda membeli laptop. Tujuan utama Anda membeli laptop akan menentukan jenis laptop yang akan Anda pilih. Ada banyak alasan seseorang membeli laptop, namun secara umum alasan seseorang membeli laptop seperti kategori dibawah ini. Ingat tentukan kebutuhan Anda seperti dibawah ini sebelum memutuskan membeli laptop.

  • Pekerjaan / sekolah – Penggunaan laptop terbanyak adalah untuk mengolah kata, penelitian, tugas pekerjaan, dan berbagai tugas akademik lainnya.
  • Games – Salah satu alasan seseorang memebeli laptop yang sedang adalah untuk menjalankan berbagai game melalui platform laptop atau notebook.
  • Internet Browsing – Internet atau browsing menggunakan laptop dapat meningkatkan pengalaman pengguna, beberapa fitur dalam website dapat maksimal jika di akses menggunakan laptop. Dengan menggunakan laptop seseorang dapat mengakses social media, website, streaming video, dan berbagai konten lainnya.
  • Desain Grafis / multimedia – Selain alasan diatas, banyak juga yang membeli laptop dengan alasan untuk mengerjakan pekerjaan seperti edit gambar, edit video, atau edit suara.

2. Pahami Kelebihan Laptop. Ada banyak alasan kenapa seseorang memilih laptop daripada komputer dekstop. Pengguna laptop semakin meningkat seiring meningkatnya produsen laptop mengeluarkan produk dengan teknologi tinggi. Anda harus mengetahui kelebihan laptop daripada komputer dekstop sebelum memilih laptop. Untuk mengetahui kelebihan laptop alasan dibawah ini bisa menjadi alasan bagi Anda untuk memilih laptop.

  • Simple – Salah satu alasan orang memilih laptop ketimbang komputer dekstop adalah sifatnya yang mobile dan mudah dibawa kemana saja. Dengan body yang tipis dan bisa dilipat akan memudahkan penggunanya dalam kegiatan sehari – hari.
  • Menghemat Ruang – Komputer desktop, dengan menara, monitor, keyboard, dan mouse, dapat memakan banyak ruang di kantor, ruangan atau bahkan di kamar tidur. Sedangkan laptop hanya membutuhkan sebuah meja kecil untuk mengoperasikannya.

3. Mengetahui Kekurangan Laptop. Selain keunggulan dalam hal mobilitas dan kekuatan, ternyata laptop juga mempunyai beberapa kekurangan didalamnya seperti dibawah ini.

  • Laptop ditenagai oleh baterai. Dalam kondisi normal laptop mampu digunakan selama 2 – 4 jam. Setelah itu, Anda perlu mengisi daya baterai untuk bisa menggunakannya kembali.
  • Lebih mudah hilang / di curi. Sifatnya yang portable dan mobile membuatnya lebih mudah diambil oleh pencuri. Jika Anda ingin menggunakannya permanen di kantor atau dirumah maka komputer dekstop merupakan pilihan terbaik.
  • Susah Upgrade – laptop lebih susah untuk melakukan upgrade komponen didalamnya. Tidak seperti dekstop yang bisa dengan mudah Anda ganti prosesor, ram, vga motherboard dan komponen lainnya.
  • Lebih Cepat Panas – Laptop lebih cepat panas jika Anda menggunakannya terlalu lama atau menjalankan program yang membertakan komponen didalamnya.
  • Sulit Merakitnya sendiri – Tidak seperti komputer dekstop, laptop cenderung susah untuk merakitnya sendiri. Dengan merakit sendiri selain lebih hemat juga dapat menentukan spesifikasi sesuai dengan keinginan.

4. Rencanakan Anggaran. Perencanaan anggaran merupakan cara memilih laptop yang cermat dan cerdas. Jangan lupakan hal ini, karena sebagian besar dari mereka membeli tanpa perencanaan anggaran akhirnya membeli laptop dengan harga terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan laptop yang mereka butuhkan. Untuk membeli laptop standar siapkan anggaran sekitar 3 juta, sedangkan untuk laptop high end siapkan anggaran minimal 15 juta.

Bagian ke 2 dari 5 : Cara Memilih Laptop Berdasarkan Sistem Operasi

1. Memahami pilihan Anda. Sistem operasi merupakan antarmuka dan struktur laptop. Windows, Mac OS X, Linux, dan ChromeOS merupakan salah satu sistem operasi populer. Ketika memilih sebuah laptop, sistem operasi biasanya sudah terinstal, meskipun Anda dapat mengubah sistem operasi nanti. Anda tidak dapat menginstal Mac OS X pada laptop non-Mac, tetapi Anda dapat menginstal Linux ke Mac atau laptop Windows, atau Windows ke laptop Mac.

  • Windows – Windows merupakan sistem operasi paling populer, dan hampir semua perangkat lunak dapat dijalankan pada laptop windows.
  • Mac OS X – Dirancang untuk digunakan pada perangkat keras Mac. OS X hanya tersedia di MacBook.
  • Linux – Ini adalah sistem operasi gratis. Ini termasuk Ubuntu, Mint, Fedora, dan masih banyak lagi.
  • ChromeOS – ini adalah sistem operasi berbasis Chromium Google. Sistem operasi ini dirancang untuk laptop yang konsisten terhubung ke internet, dan hanya dapat menjalankan aplikasi web khusus. ChromeOS hanya tersedia pada Chromebook tertentu, meskipun Anda bisa mendapatkan Chromium untuk sistem apapun.

2. Pertimbangkan program yang akan Anda gunakan. Program yang Anda gunakan sehari-hari akan memiliki dampak yang besar pada sistem operasi yang Anda pilih. Banyak program yang hanya tersedia untuk sistem operasi tunggal. Melakukan penelitian seperti apa sistem operasi program favorit sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Ketahui kekurangan dan kelebihan Windows. Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan, paling cocok untuk hampir semua perangkat lunak, namun tidak berarti windows tidak ada kelemahan.

  • Windows adalah sistem operasi yang paling umum dan kompatibel sekitar. Pekerjaan kantor adalah standar sistem operasi pengolah kata dan perhitungan.
  • Hampir semua laptop dapat menjalankan sistem operasi windows, mulai dari laptop dengan harga termurah hingga laptop dengan harga mahal.
  • Windows jauh lebih rentan terhadap virus daripada sistem operasi lain. Pernyataan ini tidak berarti bahwa windows tidak aman, yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan internet dengan lebih hati hati.

4.  Ketahui kekurangan dan kelebihan Mac OS X. Apple OS X merupakan pesaing utama Windows. Anda dapat menemukan banyak perangkat lunak yang sama pada OS Mac yang Anda dan juga dapat ditemukan di Windows.

  • Jika Anda pecinta produk apple, laptop Mac dapat diintegrasikan dengan baik pada perangkat iOS Anda. Mengelola aplikasi Anda dan data dapat dijalankan dengan mudah.
  • Sistem operasi Mac Os tidak mudah terserang virus. Sistem operasi Mac lebih aman daripada Windows. Hal ini tidak berarti bahwa Mac sangat aman terhadap virus, sistem operasi besutan apple tetap bisa terkena virus, namun tidak banyak.
  • Salah satu kekurangan Mac adalah masih kurangnya kompatibilitas untuk banyak program penting. Kelemahan terbesar adalah kurangnya OS X dalam seleksi permainan.
  • Mac dianggap sebagai tempat terbaik untuk melakukan editing multimedia. Software editing video dan gambar pada Mac tak tertandingi, dan sebagian besar musisi menggunakan Mac untuk edit project mereka.

Bagian 3 dari 5 : Cara Memilih Laptop Dari Modelnya

1. Tentukan model laptop sesuai kebutuhan Anda. Ada empat jenis laptop seperti : Netbook, Standard, Hybrid Laptop / Tablet, dan Desktop Replacement / Ultrabook.

  • Netbook – Ini merupakan laptop dengan ukuran terkecil yang pernah ada, netbook cocok untuk Anda yang suka melakukan traveling.
  • Standar – sesuai namanya ini adalah laptop standar. Cocok untuk berbagai macam situasi, dan tersedia dalam berbagai konfigurasi.
  • Hybrid Laptop / Tablet – jenis hybrid merupakan type laptop terbaru. Pada jenis hybrid telah menggunakan layar sentuh dan pada beberapa tipe dapat dilepas keyboard dan berubah menjadi tablet.
  • Ultrabook – Ini adalah jenis laptop terbesar, dan karena itu termasuk laptop paling kuat (dan juga paling mahal).

Baca Juga : daftar laptop harga 4 jutaan dan spesifikasinya

2. Ketahui kelebihan dan kekurangan dari netbook. Netbook merupakan laptop terkecil yang pernah ada, bisa Anda bawa kemana saja dengan mudah, berikut kekurangan dan kelebihan netbook.

  • Netbook super ringan, biasanya dibawah 1 kg.
  • Netbook tidak memiliki komponen kuat, yang berarti netbook hanya dapat menjalankan program dasar seperti Office dan perangkat lunak produktivitas lainnya. Karena itu, bagaimanapun, netbook memiliki daya tahan baterai lebih lama dibandingkan laptop lain.
  • Netbook memiliki layar ukuran layar dan keyboard yang kecil. Ini berarti Anda harus membiasakan diri dengan hal tersebut, terkadang Anda perlu menatap tajam pada layar karena ukurannya yang kecil.

3. Kekurangan dan kelebihan laptop standar. Laptop standar merupakan laptop yang paling banyak digunakan dan paling beragam jenisnya.

  • Ada berbagai ukuran layar pada laptop standar. Ukuran layar merupakan patokan ukuran laptop secara keseluruhan. Ukuran yang paling umum untuk laptop standar berkisar 14″- 15″.
  • Dibandingkan dengan netbook laptop standar lebih cepat memakan baterai, semakin baterai sering terkuras, dapat membuat umur baterai semakin pendek.
  • Dibandingkan dengan netbook, laptop standar lebih berat. Jika Anda terbiasa dengan mobilitas, mungkin Anda akan kesulitan dengan ukuranny. Namun laptop standar lebih nyaman dalam hal mengetik dan multimedia.

4. Kelebihan dan kekurangan laptop hybrid. Jenis laptop hybrid merupakan varian baru di pasar laptop. Kebanyakan laptop hybrid menggunakan windows 8 dan juga mempunyai fitur touch screen.

  • Salah satu hal yang menarik dari laptop hybrid adalah fitur layar sentuhnya. Jika Anda menyukai multimedia, laptop hybrid mungkin pilihan yang baik untuk Anda.
  • Hybrid laptop biasanya mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada laptop standar, selain itu beberapa laptop hybrid dapat Anda lipat atau lepaskan keyboard dan menjadikannya tablet.

5. Kelebihan dan kekurangan ultrabook. Dengan ukurannya yang lebih besar dari semua laptop, laptop jenis ini biasa digunakan oleh gamers.

  • Jenis ultrabook Anda dapat merasakan menggunakan komputer dekstop dengan ukuran yang lebih kecil, selain itu kekuatan dari ultrabook hampir sama dengan komputer dekstop.
  • Salah satu kekurangan laptop ultrabook adalah daya tahan baterai yang buruk, hal ini karena konsumsi daya yang besar. Namun tidak akan menjadi masalah jika Anda tidak membawanya traveling dengan terbatasnya daya listrik.
  • Karena ukurannya yang cukup besar maka Anda tidak perlu terlalu tajam menatap layar, atau terlalu dekat dengan layar. Ukurannya yang besar juga memdudahkan Anda dalam mengetik.
  • Selain kelebihannya, Ultrabook termasuk laptop dengan ukuran paling berat, jadi tidak cocok jika Anda membawanya bepergian. Selain itu, ultrabook merupakan jenis laptop termahal.

6. Daya tahan laptop. Cara memilih laptop yang tidak boleh Anda abaikan adalah daya tahan. Jika pekerjaan Anda atau gaya hidup Anda berkaitan erat dengan laptop dan harus terus menerus menggunakannya maka Anda perlu laptop dengan daya tahan yang kuat.

  • Toughbooks adalah jenis laptop yang sangat mahal tapi jauh lebih tangguh daripada laptop standar.

7. Style. Laptop merupakan perangkat umum, dan akan dilihat oleh banyak orang karena sering digunakan di tempat umum. Banyak laptop yang menyedikan fariasi beberapa warna dan tambahan beberapa estetika. Anda juga dapat menambahkan kulit untuk menambah sentuhan style pribadi.

Bagian ke 4 dari 5 : Cara Memilih Laptop Dengan Cek Spesifikasi

1. Dalam memilih laptop pastikan Anda spesifikasinya. Setiap laptop berbeda; bahkan dua model yang harganya sama biasanya memiliki spesifikasi hardware yang berbeda. Pastikan Anda sudah baca ini sebagai pertimbangan sebelum membeli laptop.

2. Mengetahui spesifikasi Cpu. CPU atau Processor, adalah bagian dari perangkat keras yang melakukan sebagian besar pekerjaan laptop Anda. Kecepatan CPU tidak berarti semakin kuat laptopo tersebut, berkat CPU multi-core dapat menangani beberapa program berat meski kecepatan clock speed sama dengan single core.

  • Hindari prosesor yang berumur seperti Celeron, Atom, Pentium, C-, atau prosesor E-Series.

3. Cek RAM laptop sebelum membelinya, dan berapa banyak RAM yang dapat ditambah. RAM, atau Memory, memungkinkan komputer Anda untuk menyimpan data beberapa program sekaligus. Secara umum, semakin banyak RAM, laptop Anda semakin baik akan dapat multitasking. 4-8 GB RAM adalah standar untuk laptop biasa. Netbook biasanya memiliki RAM yang lebih sedikit, sedangkan ultrabook biasanya memiliki RAM yang lebih tinggi.

4. Cek VGA. Kebanyakan laptop menggunakan kartu grafis terintegrasi, untuk menjalankan game standar kartu grafis terintegrasi dapat dijalankan dengan baik, namun biasanya VGA jenis ini tidak dapat menjalankan game terbaru yang membutuhkan VGA dedicated. Jangan abaikan cara memilih laptop dari segi vga card.

5. Periksa kapasitas penyimpanan data. Penyimpanan data biasanya telah terpotong untuk sistem operasi. Sebagai contoh, sebuah laptop dengan kapasitas penyimpanan data sebesar 250 GB mungkin akan tersisa 210 GB. Sebagian besar laptop dapat Anda ganti atau tambah kapasitas penyimpanannya, meskipun Anda akan perlu menginstal ulang sistem operasi ketika Anda melakukannya.

  • SSD menjadi lebih baik ketimbang HDD karena kecepatan akses data dan lebih menghemat baterai. Namun SSD mempunyai harga yang lebih mahal daripada HDD untuk kapasitas dibawahnya. Kapasitas SSD juga lebih kecil, jadi Anda mungkin perlu HDD eksternal jika mempunyai banyak data untuk disimpan.

6. Cara Memilih laptop dengan memeriksa port. Apakah laptop yang akan Anda pilih memiliki port USB yang cukup untuk semua perangkat Anda? Apakah ia memiliki port HDMI atau VGA jika anda ingin menghubungkannya ke TV atau proyektor? Jika Anda menggunakan banyak perangkat eksternal, port merupakan hal yang sangat penting.

7. Carilah drive optik. Cara memilih laptop berikutnya adalah dengan melihat drive optik laptop yang akan Anda pilih. Banyak laptop yang menghilangkan fitur drive optik demi menghemat ruang. Jika laptop yang Anda pilih tidak disertai drive optik berarti Anda akan memerlukan sebuah drive eksternal untuk menginstal perangkat lunak atau mengcopy data ke disk optik.

  • Beberapa laptop telah dilengkapi dengan Blu-ray drive, yang dapat membaca dan menulis DVD standar serta membaca Blu-ray disk yang dapat memutar film kualtias HD.

8. Lihat resolusi layar. 1600 x 900 atau 1920 x 1080 lebih untuk gambar yang lebih tajam dan jelas, tetapi laptop yang lebih kecil mungkin tidak dapat mencapai resolusi tersebut.

Sebuah resolusi yang lebih tinggi akan menghasilkan gambaran yang lebih jelas, terutama jika Anda ingin menonton film atau memainkan game. resolusi yang tinggi berarti Anda membutuhkan layar yang lebih baik agar resolusi lebih maksimal.

Bagian ke 5 dari 5 : Cara Membeli Laptop

1. Lakukan penelitian. Jangan biarkan sales berbicara terlalu banyak dan membuat Anda membeli laptop yang tidak Anda butuhkan. Implementasikan cara memilih laptop sesuai kebutuhan. Pastikan untuk membaca ulasan online untuk laptop yang akan Anda beli, sebagai penjual pasti tidak akan menampilkan kelemahan produk yang mereka jual. Jangan sampai setelah membaca artikel cara memilih laptop ini Anda terbuai oleh rayuan sales penjual laptop.

2. Tes sebelum membeli. Cobalah untuk menemukan cara untuk menguji laptop yang Anda inginkan sebelum membelinya. Jika Anda berniat untuk membeli secara online, carilah produk sama yang tersedia di kota Anda untuk mencobanya terlebih dahulu. Atau jika Anda dapat minta pendapat dari teman yang memiliki laptop sama dengan yang akan Anda pilih. Mencobanya atau mengujinya sendiri merupakan cara memilih laptop terbaik.

3. Periksa Garansi. Cara memilih laptop yang tidak kalah penting adalah lihat garansi. Garansi merupakan hal penting untuk sebuah laptop, apalagi untuk produk dengan harga mahal. Pastikan garansi dari produsen bukan toko, dan ketahui bagaimana mereka melayani tiap klaim garansi.

  • Pastikan membelinya secara resmi, karena barang blackmarket atau impor illegal biasanya tidak memiliki garansi.

Sekian artikel cara membeli laptop yang bagus dan berkualitas, jika ada pertanyaan Anda bisa menuliskannya di kolom komentar, tentunya harus sesuai dengan topik pembahasan cara memilih laptop.

Baca Juga : daftar harga laptop toshiba core i3 ram 2gb terbaik

Leave a Reply