Cara Merakit Laptop Sendiri dengan Baik dan Benar

Cara merakit laptop. Anda mungkin sudah sering mendengar komputer rakitan individu, namun jarang sekali atau belum pernah mendengar laptop rakitan individu. Umumnya kita hanya disuguhkan laptop yang dirakit oleh perusahaan/vendor terkenal seperti Asus, Acer, Dell, Toshiba, Sony, Microsoft, dan lainnya.

cara merakit laptop

Saat ini dengan perkembangan teknologi orang-orang (individu) pun bisa membongkar pasang laptop hingga menjadi produk laptop yang bisa digunakan. Merakit laptop bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan untuk mengerjakannya hingga bisa beroperasi.

Baca Juga : cara memilih laptop yang bagus dan berkualitas

Jika Anda tertarik untuk mengetahui bagaimana cara merakit laptop, Anda bisa mengaksesnya melalui tutorial yang bersumber dari buku, majalah, internet, video youtube, dan sumber lainnya. Intinya dalam merakit laptop perlu persiapan bahan, alat, dan kemampuan merakit yang baik.

Persiapan Bahan dan Alat

Dalam tutorial cara merakit laptop bahan dan peralatan yang dibutuhkan berhubungan erat dengan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Bahan dan peralatan tersebut harus Anda persiapkan semuanya sebelum memulai merakit laptop.

  1. Peralatan merakit seperti obeng, baut, kuas, dan lain sebagainya.
  2. Kerangka laptop, display (LCD), prosesor (Intel atau AMD), RAM, kipas pendingin, harddisk, memori 2 GB hingga 4 GB, baterai, dan lain-lain.

Bahan dan peralatan tersebut terutama yang akan disematkan pada laptop rakitan harus sesuai standar. Anda bisa membelinya di toko-toko penyedia laptop maupun aksesoris. Pilihlah yang berstandar bukan bajakan agar hasilnya baik dan berkualitas.

Baca Juga : penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya

Pastikan bahwa tempat And merakit laptop berada dalam ruangan yang bisa membuat Anda fokus dan konsentrasi dalam merakitnya. Hindari merakit di ruangan yang mudah dijangkau anak-anak atau tempat yang membuat Anda tak fokus.

Cara Merakit Laptop

Sebelum merakit ada baiknya Anda pelajari tutorial merakit laptop dari berbagai sumber. Ada beberapa langkah maupun tahapan cara merakit laptop yang bisa Anda ikuti seperti uraian berikut ini.

  1. Pasang dan eratkan LCD dengan baut yang sesuai. Baut yang digunakan harus sesuai dengan peruntukannya seperti baut cassing maupun baut maindboard. Ada baiknya Anda pisahkan dan tempatkan baut tersebut pada wadah khusus agar mudah dikenali ketika akan digunakan.
  2. Kemudian pasang LCD tersebut pada motherboard.
  3. Pasang pula RAM dan periksan kondisi voltase motherboard.
  4. Pasang cassing/kerangka laptop belakang LCD sesuai tempatnya.
  5. Pasang hardisk laptop pada tempat yang sesuai, termasuk spacernya. Setelah terpasang tutup bagian cassing tempat harddisk.
  6. Pasang card WLAN yang terdapat di sebelah kiri atas motherboard dengan posisi miring. Setelah itu dieratkan dengan baut. Pasang 2 (dua) kabel antena WiFi ke card WLAN.
  7. Pasang memori dan prosesor. Kencangkan bautnya pada bagian soket prosesor.
  8. Pasang heatshink dan saluran angin pada kerangka laptop.
  9. Pasang power yang berguna untuk cooling fan dan tutup motherboard. Dan terakhir adalah memasang baterai laptop. Ingat baterai harus dipasang pada bagian akhir agar tidak ada arus listrik yang mengalir.
  10. Setelah semua terpasang lakukan pengecekan posisi dan lokasi baut, kabel, dan komponennya. Pastikan sesuai agar ketika dinyalakan bisa berfungsi normal.

Nah, ketika Anda ingin melepaskan atau membongkar laptop perlu diperhatikan 3 (tiga) hal yaitu melepaskan cassing, melepaskan komponen, dan melepaskan kabel. Untuk melepaskan ketiga hal tersebut harus teliti dan hati-hati karena terdapat baut-baut serta jaringan kabelnya.

Itulah beberapa tutorial cara merakit laptop serta langkahnya. Nampaknya sangat mudah, namun pada kenyataannya harus membutuhkan keahlian agar komponen yang terpasang benar-benar sesuai pada tempatnya.

Baca Juga : cara print screen di laptop (screen shot)

Leave a Reply