Laptop Untuk Desain Grafis Berdasar Pertimbangan Spesifikasi

LaptopArea.ComLaptop untuk desain grafis membutuhkan spesifikasi khusus karena ada fungsi – fungsi khusus yang dibutuhkan melebihi fungsi – fungsi laptop lain pada umumnya. Desain grafis membutuhkan kinerja tinggi pada beberapa bagian perangkat keras sebuah laptop atau komputer.

laptop untuk desain grafis

Berbeda dengan sebuah komputer desktop; laptop memiliki keterbatasan yang lebih banyak terkait dengan pilihan dan penggantian perangkat keras. Hal inilah yang membuat pilihan laptop yang akan digunakan untuk kegiatan membuat desain grafis menjadi lebih spesifik dan juga membutuhkan kejelian lebih terkait spesifikasi perangkat keras yang digunakan.

Berikut ini beberapa elemen penting perangkat keras dari sebuah laptop yang harus mendapat perhatian jika ingin menggunakan laptop tersebut untuk keperluan mengerjakan desain grafis.

Perangkat Keras Penting Pada Sebuah Laptop Untuk Desain Grafis

Penggunaan laptop untuk desain grafis membutuhkan kinerja tinggi pada beberapa bagian perangkat kerasnya. Hal itulah yang membuat memilih laptop yang digunakan untuk mengerjakan desain grafis harus memperhatikan spesifikasi dan kualitas perangkat keras tertentu.

  • Perangkat keras ini merupakan otak dari sebuah komputer atau laptop. Sehingga kualitas dan kemampuan sebuah laptop akan dipengaruhi oleh kualitas prosesornya. Perhatikan kecepatan atau clock speed sebuah prosesor, jumlah core / inti, ukuran cache serta sistem hyper threading yang ada di sebuah prosesor ketika memilih laptop yang akan digunakan untuk mengerjakan desain grafis.

 

  • Besarnya kapasitar RAM akan berpengaruh pada kecepatan proses dan kinerja sebuah laptop. Hal ini disebabkan karena RAM merupakan tempat menyimpan data sementara pada setiap tindakan dari setiap proses komputasi yang dijalankan oleh sebuah laptop. Performa laptop yang cepat akan mempengaruhi mood desainer dan proses pengerjaan sebuah desain grafis. Pilih RAM berukuran sebesar mungkin; kapasitas minimal sebuah RAM untuk sebuah laptop yang difungsikan untuk mengerjakan desain grafis adalah sebesar 2 GB.

 

  • VGA atau Kartu Grafis. Video Graphic Array atau kartu grafis merupakan perangkat keras yang bertanggung jawab langsung pada tampilan grafis yang diproses dan ditampilkan oleh sebuah komputer. Semakin besar ukuran dan kecepatan kartu grafis maka proses mengolah dan menampilkan gambar akan semakin cepat dan ringan. Jangan memilih laptop dengan jenis VGA on board karena kartu grafis jenis ini bekerja dengan cara berbagi ruang memori RAM. Pilih kartu grafis dengan spesifikasi NVDIA atau ATI Radeon dengan kapasitas besar untuk performa yang lebih baik.

Baca Juga : perbedaan laptop dan notebook beserta kelebihan dan kekurangannya

Pilihan Laptop Untuk Desain Grafis Yang Ideal

Salah satu pilihan laptop yang ideal untuk digunakan sebagai piranti mengerjakan desain grafis adalah Apple MacBook Pro MD213. Laptop ini memiliki layar dengan resolusi tinggi hingga 2880 x 1800 piksel. Layar berkualitas ini juga didukung dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GT650M dengan kapasitas 1GB dan menggunakan memori tipe GDDR5.

Kartu grafis ini memiliki pilihan 2 output tambahan yang dapat dimanfaatkan; masing – masing dengan resolusi 2560 x 1800 piksel. Prosesor Intel Core i5 dengan kecepatan 2,5 GHz yang didukung dengan RAM 8 GB tipe DDRL3 16000MHz menjadi alasan lain terkait kecepatan proses dalam melakukan komputasi grafis.

MacBook ini juga tidak lagi menggunakan hard disk; namun digantikan dengan memori flash berkapasitas 512 GB yang memiliki kecepatan transfer data jauh lebih tinggi dibandingkan hard disk konvensional. Dibanderol dengan harga sekitar Rp 20.350.000,00; Apple MacBook Pro MD213 merupakan pilihan ideal laptop untuk desain grafis.

Baca Juga : cara memilih laptop yang bagus dan berkualitas

Leave a Reply